Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat



Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat - Apa kabar jonilodo.blogspot.com, Seomaga Anda semua dalam keadaan sehat, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Mapel, yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat
URL : Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat

Baca juga


Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat

Hikayat adalah karya sastra lama berbentuk prosa yang mengisahkan kehidupan keluarga istana atau kaum bangsawa, orang-orang ternama, orang suci di sekitar istana dengan segala kesaktian, keanehan dan mukjizat tokoh utamanya. Hikayat kadang mirip cerita sejarah atau berbentuk riwayat hidup, yang didalamnya banyak terdapat hal-hal yang tidak masuk akal dan penuh keajaiban.

Secara etimologis, istilah hikayat berasal dari bahasa Arab, yaitu haka yang artinya menceritakan atau bercerita. Hikayat berfungsi sebagai media hiburan/pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau hanya sekadar untuk meramaikan pesta.

Unsur-unsur Hikayat

Unsur-unsur dalam hikayat tidak jauh berbeda dari prosa-prosa lainnya. Ia dibangun oleh unsur intrinsic dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur pembangun cerita dari dalam. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur pembangun cerita dari luar. Berikut ini adalah unsur-unsur instrinsik dalam sebuah hikayat:

  • Tema, merupakan gagasan yang mendasari cerita.
  • Alur, merupakan jalinan peristiwa dalam cerita.
  • Latar, merupakan tempat, waktu, dan suasana yang tergambar dalam cerita.
  • Tokoh, merupakan pemeran cerita. Penggambaran watak tokoh disebut penokohan.
  • Amanat, merupakan pesan yang disampaikan pengarang melalui cerita.
  • Sudut pandang, merupakan pusat pengisahan dari mana suatu cerita dikisahkan oleh pencerita.
  • Gaya, berkaitan dengan bagaimana penulis menyajikan cerita menggunakan bahasa dan unsur-unsur keindahan lainnya.


Nah itulah artikel saya tentang Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat

OK sekian dulu artikel saya Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat dengan alamat URL https://jonilodo.blogspot.com/2019/11/pengertian-dan-unsur-unsur-hikayat.html

0 Response to " Pengertian dan Unsur-Unsur Hikayat"

Posting Komentar

histats